Sunday, August 21, 2016

Bagaimana Cara Pembayaran Tagihan Melalui E-Channel

1.2    Pembayaran Tagihan Melalui E-Channel
Pembayaran melalui sarana Elektronik Channel adalah teknis administrasi pembayaran dilakukan oleh nasabah sendiri dengan menggunakan menu yang ada di Delivery Channel seperti : ATM, Internet Banking, SMS Banking, Phone Banking dsb.
1.2.1      Jenis-jenis Pembayaran Tagihan
1.  Layanan Umum seperti :
·     Tagihan Telkom/Speedy/Flexy
·    PAM
·     Pajak/PBB
2.   Pembayaran Tagihan HP dan isi ulang
·     Tagihan Hand Phone : Telkomsel, Fren, Indosat dsb
·    Tagihan Internet Provider : CBN, Centrinet, Speedy dsb
3.  Pembayaran Cicilan Rutin / KTA
·     Cicilan KTA  : Citibank, HSBC, OTO,Adira dsb
4.   Layanan Tagihan Asuransi
·     Prudential
·     AIG
·     Ass. Jiwa Sinar Mas
·     AXA dsb
5. Pembayaran Tiket Pesawat
·     Garuda
·     Lion dsb
6.  Pembayaran TV Berlangganan
·     Indovision, Astro dsb
1.2.2  Mekanisme Pembayaran Tagihan Dengan Melalui e-Channel
Nasabah menggunakan ATM/ Internet Banking/ Phone Banking/ Mobile Banking. Secara real time, sistem akan melakukan pengecekan dan mentransfer pembayaran
1.      Kartu ATM
·        Gunakan kartu & PIN ATM untuk bertransaksi di mesin ATM
§  Pada menu utama Pembayaran > pilih kelompok biller ( misal kelompok Kartu Kredit ) > ikuti petunjuk.
§  Struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah.
2.    Internet Banking
·        Memerlukan registrasi dahulu di mesin ATM dan dapat akses pada Internet Banking setelah H + 1 
·        Kunjungi situs Bank di http
·        Klik tombol login Internet Banking dan login dgn User-Id
·        Klik menu Pembayaran Tagihan > ikuti petunjuk.
3.  Phone Banking
·        Memerlukan registrasi dahulu di mesin ATM untuk mendapatkan PIN telepon.
·        Hubungi Customer Care Bank
·        Ikuti langkah panduan dan dengan memasukkan PIN telepon, ikuti langkah-langkah berikutnya.
4.      Mobile Recharge/SMS Banking
·        Memerlukan registrasi dahulu di mesin ATM/CS untuk mendaftarkan No HP dan Operator yang digunakan.
·        Untuk bertransaksi dengan Mobile Recharge dengan mengetik sms untuk mengisi pulsa.
1.1.1.       Keuntungan bagi Nasabah :
1.     Nasabah dapat mengatur waktu kapan transaksi perbankan dilakukan
2.     Menghemat waktu, tidak perlu mengantri di Counter Teller/ CS

2. Supervisor
1.        Pastikan kelengkapan dan kebenaran pengisian Surat Kuasa Pendebetan Rekening/Standing Instruction oleh nasabah.
2.        Pastikan nasabah telah mencantumkan (No.ID-Pelanggan/No. Telp/ No.HP/No.Tagihan PAM/No.Kartu Kredit dsb, sesuai jenis pembayaran yang diinginkan.
3.        Pastikan tanda tangan nasabah pada Surat Kuasa Pendebetan Rekening/Standing Instruction telah sesuai dengan tanda tangan pada kartu identitas dan Buku Tabungan atau data yang tercatat pada Bank
4.      Pastikan penginputan tanggal pendebetan yang dilakukan oleh Customer Service pada sistem telah dilakukan dengan benar.
5.      Pastikan bahwa Surat Kuasa Pendebetan Rekening/ Standing Instrucion telah mendapat   persetujuan pejabat yang  berwenang dan diadministrasikan dengan baik.










No comments:

Post a Comment