Accounting International. Powered by Blogger.

Apa Ada Masalah dengan ATM anda?

1.6. Proses Pembuatan Kartu ATM
Pada proses pembuatan/pengaktifan Kartu ATM dapat menjadi satu rangkaian dengan pembukaan rekening, dengan proses sbb :
1. Nasabah mengisi formulir Permohonan Pembuatan/Pengaktifan Kartu ATM, selanjutnya diserahkan kepada CS dengan dilampiri Kartu Identitas & Buku Tabungan. 
2. CS memastikan kebenaran pengisian formulir tsb dan memastikan identitas nasabah sesuai dengan data pada sistem komputer. Selain itu juga memastikan bahwa : rekening nasabah belum mendapat fasilitas Kartu ATM dan setiap rekening hanya dihubungkan pada satu kartu ATM 
3. Setelah data sesuai, maka CS mengambil persediaan Kartu ATM, menuliskan data nasabah ke dalam register penggunaan kartu ATM. 
4. Selanjutnya CS memasukkan data nasabah dan Kartu ATM ke dalam sistem komputer. 
5. CS melakukan pencetakan data Nama, Foto (jika diperlukan) dan meminta nasabah untuk membuat PIN dengan menggunakan alat Pinpad. 
6. CS menyerahkan Kartu ATM tsb kepada Nasabah dan wajib menjelaskan syarat dan ketentuan layanan Kartu ATM kepada Nasabah. Mintakan tanda-tangan Nasabah pada register penerimaan kartu ATM dan PIN. 
7. Setelah Nasabah meninggalkan Counter CS, serahkan formulir permohonan Pembuatan / Pengaktifan Kartu ATM kepada CSO (Head CS) untuk persetujuan lebih lanjut (pengaktifan melalui sistem komputer).
8. Pada sore hari CS wajib melakukan pencocokan antara formulir pembuatan/ pengaktifan kartu ATM dengan laporan pengaktifan kartu ATM yang dikeluarkan oleh sistem komputer. 

1.7. Proses Penutupan Kartu ATM
Pada proses penutupan Kartu ATM dapat menjadi satu rangkaian dengan penutupan rekening, dengan proses sbb : 
1.7 Nasabah mengisi formulir Permohonan Penutupan Kartu ATM, selanjutnya diserahkan kepada CS dengan dilampiri Kartu Identitas, Buku Tabungan dan Kartu ATM 
1.7 CS memastikan kebenaran permintaan tsb, pengisian formulir penutupan dan memastikan identitas nasabah sesuai dengan data pada sistem komputer. 
1.7 Periksa apakah masih terdapat transaksi ATM pada hari itu, Jika terdapat transaksi, maka proses penutupan baru dapat dilakukan keesokan harinya. 
1.7 Setelah data sesuai, maka CS memasukkan data nasabah dan Kartu ATM ke dalam sistem komputer untuk dilakukan pemutusan hubungan kartu ATM dengan rekening nasabah. 
1.7 Setelah Nasabah meninggalkan Counter CS, serahkan formulir permohonan Penutupan Kartu ATM kepada CSO (Head CS) untuk persetujuan lebih lanjut (pemutusan Kartu ATM melalui sistem komputer).
1.7 Pada sore hari CS wajib melakukan pencocokan antara formulir penutupan kartu ATM dengan laporan penon-aktifan kartu ATM yang dikeluarkan oleh sistem komputer. 

2. Supervisor
1.1 Pemberian Kartu ATM bersamaan dengan Pembukaan Rekening :
a. Melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kebenaran pengisian Aplikasi yang digunkan untuk Pembukaan Rekening dan cocokan dengan identitas
b. Melakukan verifikasi penginputan data pada sistem 
c. Melakukan pengaktifan Kartu ATM pada sistem
d. Melakukan pemeriksaan pada sistem untuk keseluruhan data yang telah diinput oleh petugas Customer Service kegiatan sore hari
e. Berikan tanda tangan pada Aplikasi Pembukaan Rekening sebagai bukti telah dilakukan pemeriksaan penginputan Kartu ATM pada sistem
f. Pada hari berikutnya/H+1 : Melakukan pemeriksaan pada laporan Aplikasi Pembukaan Rekening untuk memastikan bahwa data yang diinput pada sistem sesuai dengan data pada Aplikasi Pembukaan Rekening
g. Memastikan kembali pengaktifan kartu ATM.
h. Berikan paraf pada laporan pengaktifan Kartu ATM

1.2 Penanganan Kartu ATM rusak/ hilang 
a. Melakukan pemeriksaan kebenaran dan kelengkapan pengisian Aplikasi Permasalahan Kartu  rusak/hilang 
b. Melakukan pemeriksaan pada bukti-bukti pendukung, seperti : Kartu Identitas/ Buku Tabungan/Salinan Rekening Koran/Buku Cek/Bilyet Giro) 
c. Memastikan Kartu ATM yang lama  sudah tidak dapat dipergunakan lagi.
d. Melakukan penutupan pada Kartu ATM lama (status closed)
e. Memastikan bahwa Kartu ATM yang lama ”CLOSED”
f. Kembalikan Aplikasi Permasalahan Kartu ATM kepada petugas Customer Service untuk dilakukan penginputan Kartu ATM baru.
g. Melakukan pengaktifan Kartu ATM pengganti/ baru.
h. Berikan tanda tangan pada Aplikasi Permasalahan Kartu sebagai tanda persetujuan.
i. Melakukan pemeriksaan pada sistem untuk keseluruhan data yang telah diinput oleh petugas Customer Service kegiatan sore hari
Pada hari berikutnya/H+1 : Melakukan pemeriksaan pada laporan Aplikasi Pembukaan Rekening untuk memastikan bahwa data yang diinput pada sistem sesuai dengan data pada Aplikasi Pembukaan Rekening
j. Memastikan kembali pengaktifan kartu ATM pengganti/baru
k. Berikan paraf pada laporan pengaktifan Kartu ATM 

1.3 Penutupan Kartu ATM bersamaan dengan Penutupan Rekening :
a. Melakukan pemeriksaan pada Aplikasi Permohonan Penutupan Rekening
b. Melakukan pemeriksaan pada bukti-bukti pendukung, seperti : Kartu ATM,Kartu Identitas/Buku Tabungan/Buku Cek/Bilyet Giro.
c. Kartu ATM, Buku Tabungan, Buku Cek, Bilyet Giro  diserahkan kepada Bank
d. Melakukan penutupan Kartu ATM (status closed)  
e. Memastikan bahwa Kartu ATM  ”CLOSED”
f. Kembalikan Aplikasi Penutupan Rekening kepada petugas Customer Service untuk dilakukan penutupan rekening
g. Melakukan pemeriksaan pada sistem untuk keseluruhan data yang telah diinput oleh petugas Customer Service kegiatan sore hari
Pada hari berikutnya/H+1 : Melakukan pemeriksaan pada laporan Aplikasi Pembukaan Rekening/Penutupan Rekening
h. Memastikan kembali penutupan Kartu ATM 
i. Berikan paraf pada laporan peutupan Kartu ATM 

Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post

No comments:

Post a Comment